Sunday, May 15, 2005 By: adedepok

ihh tahayul....!!1

“ ehh jangan duduk diatas meja nanti banyak utangnya lho…!”
pasti kamu pernah denger khan nasehat diatas itu… entah dari temen kamu ato siapa saja … ehh iya tau ngga itu apa?? Yup.. Itu namanya takhayul yang terkadang bikin kita bertanya-tanya “ bener kaga ya..??” Nah untuk itu kita akan ngasih kamu tentang takhayul yang katannya bikin nakutin…*_*
Takhayul selalu mengandung notasi yang buruk dianggap sebagai sumber orang Dungu, Pangir, Bodoh serta tidak logis dan ngga masuk akal.Istilah takhayul , Pamali, Tabu, Mitos memang sering beredar di tengah tangah kita. Bagi kita yang percaya pasti menganggapnya benar saja, tapi kalo ngga percaya biasanya cuek beibeh aja tuh…
Ngomong-ngomong pada tau kaga sihh awalnya takhayul??
Ehh iya Kalo kamu ngga tau simak aja dehh….sebenernya latar belakang adanya takhayul diindonesia ada tuh… misalnya ada beberapa hal :
1. Kepercayaan turun menurun
Takhayul ini yang dipercaya oleh seluruh atau beberapa anggota keluarga, beberapa anggota manusia ataupun masyarakat. Karena mereka harus percaya kata kata orang tua terdahulu atawa nenek moyangnya, jadinya terkadang hal yang membuat mereka percaya. Contohnya : Kalau hari sudah gelap anak kecil harus masuk rumah kalo ngga nanti diambil setan….ihh syeremm…(ini sebenernya dimaksudkan biar anak-anak ngga sering keluar malam hari karena berbahaya…)
2. Iklim penjajahan
Maksudnya adalah Takhayul berkembang dimasyarakat akibat dari penjajahan pada saat Jamannya kompeni (belanda). Contohnya : Larangan keluar rumah pada malem Jum`at kalo ngga ada roh jahat. (Soale pada jaman dahulu ini dibuat untuk mencegah tentara rakyat keluar biar kaga ditangkep ama kompeni atawa belanda )
3. Pengaruh Agama
Ternyata ada pengaruhnya Lho, disebabkan karena pengaruh agama yang mereka anut. Contohnya :
Bangun pagi sebelum matahari terbit biar rejekinya ngga hilang ( Padahal ini dibuat agar pada saat terbit matahari melaksanakan sholat Shubuh )
Nah pada tau kan sekarang, kira kira kaya gitu deh awalnya takhayul ini dibuat yang sebenernya awalnya untuk menyiratkan suatu kebaikan atau makna tertentu. Akan tetapi yang bikin heran pada saat sekarang ini yang dah modern dimana-mana kok masih ada aja orang yang percaya ama yang begituan
Dalam pandangan Islam dengan segala kesempurnaannya menentang adanya takhayul. Karena perbuatan ini mempersekutukan Allah dengan segala sesuatu yang lain ato dengan bahasa kerennya Syirik Nah itukan ganjarannya Dosanya Gueede banget. Makanya dalam Islam Takhayul ini digolongkan ebagai perbuatan Syirik.
Seperti petunjuk Al-Quran yang menjelaskan kenapa Takhayul tuh harus ita buang jauh jauh.
1. QS.AL-An Aam : 151
“ janganlah Kamu mempersekutukan ssatu dengan Dia”
2. QS.AL Ikhlas : 1-4
“ Katakanlah : Dialah Allah Yang MAha Esa. Allah Ada-lah Tuhan yang bergantung kepada Nya segala Sesuatu. Dia tidak beranak dan Tiada pula diperanakan. Dan Tiada seorangpun setara dengan Dia”
3.QS. Al Furqaan : 2-3
“ Yang kepunyaan Nya lah langit dan bumi, dan Dia tidak mempunyai Anak, dan tidak ada sekutu bagi Nya dalam Kekuasaan (Nya), dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia telah menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya. Kemudian mereka mengambil Tuhan Tuhan selain daripadaNya (Untuk disembah), yang Tuhan-Tuhan itu tidak menciptakan apapun, bahkan mereka sendiri diciptakan dan tidak kuasa untuk ( menolak) sesuatu kemudharatan dari dirinya dan tidak (pula untuk mengambil ) sesuatu kemanfaatan pun dan (juga) tidak kuasa mematikan, menghidupkan dan tidak (pula) membangkitkan”

Nah benerkan,,,, apalagi dosa Syirik itu dosa yang ngga akan diampunin Allah SWT, kecuali bagi yang dikehendakinya ( QS. An Nissa:48), ehh iya ngga Cuma dari Al Qur`an doang yang jelasin kalo takhayul tuh ga boleh dari Sunah Rasul juga ada kok
1.Sabda Rasulullah SAW
“ Barangsiapa datang kepada seorang tukang Tilik, lantas bertanya kepadanya sutu perkara maka tidak akan diterima Sholatnya 40 malam “ ( H.R muslim)
“ Sesunguhnya jampi-jampian dan tangkal tangkalan dan jimat itu akan menjadikan Musyrik( H.R Ibnu Majah dan Hakim )
Aisyah berkata,” beberapa orang bertanya kepada Rasulullah Saw tentang Dukun”
Kemudian jawab Rasulullah:”mereka bukan apa-apa “ kemudian orang orang itu berkata :”adakalanya yang mereka ceritakan itu benar terjadi”. Rasulullah berkata:” itu kalimat hak yang dicuri oleh jin, kemudian disampaikan kepada dukun itu , dan ditambahkan dengan ratusan kali dusta “ (H.R Bukhari dan Muslim )
Didalam riwayat yang laennya
Aisyah ra berkata Rasulullah SAW bersabda :”Malaikat turun di awan dan menceritakan hal hal yang diputuskan di langit, kemudian terdengar oleh jin, lalu disampaikan kepada dukundengan ditambah seratuskali dustanya “
Nah kalo udah jelas `n gambling kaya gini sapa coba yang mau percaya kalo duduk dimeja banyak utangnya ato kalo lagi nyapu diganti, pasangannya bisa ilang dan direbut ???!!!
Ikhsan salim

0 comments: