Tuesday, July 12, 2005 By: adedepok

Saling up grade dengan cinta

Dalam entitas bisnis, kapital 10 juta dapat berkembang menjadi 100 juta dalam waktu beberapa tahun. Sebaliknya, yang bermodal 100 juta dalam menghadapi kerugian dalam waktu singkat.

Sebab, kuncinya dalah terletak pada modal awal, tapi bagaimana pengelolaannya sehingga modal dapat terus berkembang dan meninggkat. Dalam pengurusan modal awal rumah tangga tak ubahnya perniagaan. Jika tidak di up grade modal sekufu (seimbang, sebanding, satu level, contoh:karena sama-sama suka belajar akhirnya suami istri merasa sekufu so ngobrolnya nyambung) bisa habis di tengah jalan.
Untuk itu diperlukan membangun langkah-langkah membangun kedekatan sekufuan. E ny Hanum,psi dan Drs Mhfudz Sidik memberikan memberikan langkah-langkah yang dapat dilakukan yaitu ::

saling mengenal
saling mengenal dengan baik aspek intelektualitas, kecendrungan, tabiat, dan kebiasaan, potensi, dan juga kelemahan pasangan. Pengenalan ini bukan sekedar untuk dapat memperlakukannya sesuai dengan kondisinya, tapi agar masing-masing memiliki pandangan ke depan untuk meningkatkan potensi atau menutupi kelemahan yang ada.
temukan strong point
saling menemukan srong point atau titik komparatif atau sumber energi untuk menghasilkan kecendrungan atau kedekatan (litaskunu ilaiha). Kita bisa belajar dari rumah tangga rasul dan khadijah. Pada diri rasul, khadijah menemukan sikap jujur dan amanah. Sebaliknya, pada diri khadijah, rasul melihat ada sikap kedermawanan yang mencolok. Stong poin ini mampu mengeliminir perbedaan usia, fisik, status ekonomi, dan lingkungan sosial diantara keduanya. Begitu kuatnya sehingga rasul tidak pernah berpikir menikah lagi sebelum khadijah wafat, padahal hal itu sudah menjadi kelaziman dalam udaya arab. Bahkan setelah khadijah wafat, rasul masih sering menyebut namanya dan meneruskan kebiasaan khadijah memberi makanan atau hadiah kepada orang-orang yang dicintai.
menerima realitas
saling menerima dan memahami kondisi realitas pasangan sebagai modal luar biasa untuk bisa memaklumi dan memaafkan kesalahan. Ini akan membuat kita akan tidak membandingkan kondisi realitas pasangan dengan potret ideal yang ada di kepala. Untuk itu kecerdesan, kelapanganhati dan kejujuran adalah sikap yang mutlak dibutuhkan. Dalam praktik, umumnya kaum perempuan memiliki kemampuan penerimaan lebih tinggi daripada laki2.
ciptakan kebutuhan bersama.
Saling menciptakan kebutuhan bersama untuk menciptakan kesekufuan agar suasana kecendruan pada pasangan tetap terbangun. Dengan begitu, proses up grade tidak dihancurkan dengan sikap saling menyalahkan atau saling menuntut.
komitmen dan kesepakatan.
Komitmen untuk tidak ‘mandeg’ dan kesepakatan untuk saling meng up grade membuat suami istri siap menanggung konsekuensi yang timbul dari kesepakatan tersebut.
up grade sesuai potensi
tidak mungkin potensi psangan A, kita paksa menjadi B. paling mungkin adalah A menjadi A+. jangan sampai proses up grade menimbulkan perasaan tertekan atau terpaksa.
terbuka dalam belajar
kembangkan sikap terbuka dalam belajar selama tidak bertentangan dengan syariah. “Belajar bisa dimana saja, tidak harus kursus atau ikut lembaga pengembangan diri. Yang penting motivasi, kata Eny. Manfaatkan fasilitas internet, teknologi, dan buku2 sebagai fasilitas belajar.

0 comments: